Pengertian dan Cara install Prolog pada Sistem Operasi Windows

Setelah  saya melakukan praktikum ke – 2 SNN di Labolatorium Sistem Informasi  Gunadarma, saya diharuskan menginstall Aplikasi Prolog untuk membuat Laporan Akhir. Sebelum ke langkah instalasi program Prolog , saya akan membahas apa itu Prolog ?, kenapa pakai prolog ?

Prolog adalah bahasa pemrograman deklaratif. Ini berarti bahwa dalam Prolog, Anda tidak menulis apa komputer harus melakukan baris demi baris, seperti dalam bahasa prosedural seperti C dan Java. Ide umum di belakang bahasa deklaratif adalah bahwa Anda menggambarkan situasi. Berdasarkan kode ini, interpreter atau kompiler akan memberitahu Anda solusi. Dalam kasus Prolog, ini akan memberitahu Anda apakah kalimat Prolog benar atau tidak dan jika mengandung variabel, apa nilai-nilai dari variabel perlu.

Hal ini mungkin terdengar seperti sebuah anugerah untuk programmer, tetapi kenyataannya adalah bahwa Prolog jarang digunakan murni dengan cara ini. Meskipun ide deklaratif adalah tulang punggung Prolog, adalah mungkin untuk melihat kode Prolog sebagai prosedural. Seorang programmer Prolog umumnya akan melakukan keduanya tergantung pada bagian dari kode dia sedang membaca atau menulis. Ketika belajar Prolog Namun, pengalaman dalam pemrograman prosedural sama sekali tidak berguna. (sering dikatakan bahwa lebih mudah untuk belajar Prolog untuk seseorang yang tidak memiliki pengalaman dalam pemrograman prosedural daripada seseorang yang tidak)

Prolog dianggap sebagai bahasa yang sulit untuk menguasai, terutama ketika siswa mencoba untuk terburu-buru, terutama karena cara yang berbeda berpikir siswa harus mengadopsi dan jumlah rekursi dalam program prolog. Ketika digunakan dengan benar, bagaimanapun, Prolog dapat menjadi bahasa yang sangat kuat.

Mengapa Belajar Prolog?

Belajar Prolog akan pasti tidak selalu bermanfaat sebagai pembelajaran C ++, Java atau Python. Prolog adalah yang paling berguna di bidang yang terkait dengan penelitian Artificial Intelligence, seperti pemecahan masalah, (jalan) perencanaan atau interpretasi bahasa alami. Beberapa bidang yang tidak ketat menggunkan Artificial Intelligence, seperti bangunan parser, juga bisa mendapatkan keuntungan besar dari prolog.

Namun orang  yang tidak bekerja dengan sistem bahasa alami sehari-hari juga bisa mendapatkan keuntungan besar dari prolog. Dimana prolog menggunakan teknik pemrograman tertentu yang dianggap sulit atau maju (terutama rekursi), Prolog dapat menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan wawasan teknik ini. Seorang programmer Prolog yang berlatih tentu akan memiliki pemahaman mendalam tentang konsep-konsep seperti rekursi, mencari pohon masalah dan logika pemrograman kendala. Prolog bahkan dapat berfungsi sebagai alat ‘sketsa’ untuk mencoba ide-ide pemrograman dasar sebelum menerapkan mereka dalam bahasa prosedural.

Karena hubungan dekat dengan logika predikat, Prolog belajar dapat menyebabkan pemahaman yang lebih lancar logika predikat. (Sebaliknya adalah benar juga: orang berpengalaman dalam logika predikat pasti akan mampu mengambil Prolog lebih cepat)

Semua dalam semua, jika Anda mencari untuk meningkatkan resume Anda sebagai webdesigner, Prolog mungkin bukan cara untuk pergi. Prolog masih terutama bahasa akademis. Ini tidak berarti itu murni untuk menguji ide-ide atau teknik menguraikan. Program yang sangat kompleks telah ditulis dalam Prolog. Kebanyakan dari semua Prolog adalah bahasa yang kompleks, kuat, dan elegan yang dapat menginspirasi kepuasan besar dalam penggunanya; Pada saat inspirasi iritasi besar juga.

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, belajar Prolog  tidak mudah. Prolog tidak bekerja secara alami sebagai bahasa prosedural dan karena itu memerlukan cara tertentu berpikir. Ketika belajar prolog itu penting untuk mengambil hal-hal yang lambat dan membiarkan konsep menetap sebelum pindah. Ini juga dianjurkan untuk menggunakan lebih dari satu teks atau buku pelajaran dalam proses belajar untuk mendapatkan berbagai perspektif pada subjek.

Setelah kita mengenai apa itu prolog maka disini saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstall Prolog pada system operasi Windows, saat instalasi aplikasi ini saya menggunakan machine Windows 7 64 bit  dan juga saya menggunakan aplikasi SWI-Prolog untuk menjalankan aplikasi Prolog. Tenang pemirsa aplikasi Prolog ini gratis kok.

Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah dalam instalasi Prolog :

  • Langkah pertama buka web browser anda, dan bukan URL berikut http://www.swi-prolog.org/download/devel untuk download aplikasi tersebut . Anda dapat memilih sesuai dengan tipe machine dan OS anda, seperti pada gambar dibawah ini.
tempat download prolog

Gambar 1. Tampilan halaman download swi-prolog

  • Setelah download selesai, buka installer swi-prolog  –> double click pada installer swi-prolog. Kemudian akan akan muncul tampilan wizard installer swi-prolog –> klik I Agree .Disini penulis download swi-prolog untuk machine 64-bit.
01

 Gambar 2. Installer swi-prolog

1

Gambar 3. Wizard installer swi-prolog

  • Langkah berikutnya, akan tampil halaman untuk memilih :
    • Select the type of install : pilih Typical , jika ingin customize instalasi juga bisa dengan check dan uncheck pada radio button tersebut. Bagi yang baru pertama kali install saya rekomendasikan memilih Typical.
    • Klik next untuk ke halaman wizard berikutnya.
2

Gambar 4. Wizard installer Select the type of install swi-prolog

  • Kemudian akan tampil halaman pemilihan destination folder untuk meletakan file prolog pada komputer kita, disini saya meletakkan file untuk Prolog secara default aplikasi. Klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
3

Gambar 5. Wizard installer destination folder swi-prolog

  • Langkah berikutnya menentukan Extension for prolog files : pl dan Startmenu program group : SWI-Prolog , klik Install  untuk melakukan instalasi pada computer. Dan tunggu hingga proses instalasi selesai. Setelah proses instalasi selesai , klik tombol Finish.
Wizard installer extension for prolog files swi-prolog

Gambar 6. Wizard installer extension for prolog files swi-prolog

Gambar 7. Proses Instalasi swi-prolog sedang berjalan

Gambar 7. Proses Instalasi swi-prolog sedang berjalan

Gambar 8. Proses Instalasi swi-prolog Selesai

Gambar 8. Proses Instalasi swi-prolog Selesai

  • Akan muncul popup window bahwa instalasi selesai, jika ingin membaca Read Me SWI-Prolog untuk membaca versi SWI-Prolog, perintah-perintahnya apa saja silahkan klik “Yes”. Jika tidak ingin membaca silahkan klik “No”.
Gambar 9. Popup window swi-prolog after click Finish

Gambar 9. Popup window swi-prolog after click Finish

  • Langkah selanjutnya Click Start  –> All Programs  –> SWI-Prolog .exe

8

Gambar 10. Cara menbuka aplikasi swi-prolog

Gambar 10. Cara membuka aplikasi swi-prolog

  • Setelah klik icon “Prolog” maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, dan kita dapat menggunakan aplikasi Prolog ini.
Gambar 11. Tampilan halaman prolog

Gambar 11. Tampilan halaman prolog

Demikian  tutorial yang dapat saya sampaikan, sampai jumpa lagi dengan tutorial-tutorial berikutnya…

 

Sumber :

  1. Wikibooks, “Prolog/What is Prolog” . 24 Oktober 2015 , https://en.wikibooks.org/wiki/Prolog/What_is_Prolog

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s