Power Supply Unit : Sumber Tenaga yang Harus Diperhatikan

Power Supply Unit:

Sumber Tenaga yang Harus Diperhatikan!

Pengguna PC yang mengerti benar fungsi power supply pasti tidak akan sembarangan memilih komponen yang satu ini. Sebagai sumber tenaga utama dari perangkat PC, power supply menjadi penentu kualitas, daya tahan, kestabilan, maupun umur dari sistem PC yang Anda miliki. Oleh karena itu, sebenarnya komponen yang satu ini haruslah jadi perhatian utama ketika Anda hendak membangun sebuah sistem PC. Banyak pengguna kurang memperhatikan kualitas komponen ini. Maklum, terkadang power supply ini umumnya memang dibundel jadi satu dengan casing.

Beberapa acuan sebenarnya bisa dijadikan patokan, power supply yang dipakai memang betul-betul menjanjikan atau hanya sekadar power supply asal jalan. Bukan apa-apa. Semua komponen PC membutuhkan tenaga dari komponen ini. Jadi, kalau power supply tidak bisa diandalkan, jangan heran kalau sistem Anda juga punya kualitas, keandalan, dan kestabilan yang tidak bisa diandalkan juga!

Nah, kali ini saya menyajikan cara singkat buat mengetahui keandalan power supply unit ketika Anda hendak membeli!

1. Perhatikan Bobot Power Supply

Salah satu cara jitu buat memeriksa keandalan power supply adalah dengan memeriksa bobotnya. Dengan memeriksa bobotnya dan membandingkannya dengan power supply yang lain, secara kasar Anda bisa tahu, apakah power supply yang hendak Anda beli memang betul-betul berkualitas.

Power supply yang baik biasanya punya bobot yang tinggi karena komponen di dalamnya memang punya kualitas, kuantitas, dan ukuran komponen yang baik. Lilitan tembaga, jumlah konektor, kapasitor, dan resistor yang terpasang juga lebih banyak pada power supply yang baik yang mempengaruhi berat total sebuah power supply. Umumnya, berat rata-rata power supply berbeda-beda, tergantung kualitasnya. Kelas 250 watt yang terbaik punya berat antara 1,3kg hingga 1,4kg, sementara buat kelas 300 watt kelas paling baik beratnya antara 1,5kg hingga 1,7kg atau lebih.

2. Adanya Switch Pemilih Tegangan Input

Untuk memastikan tegangan yang masuk, power supply yang baik juga memiliki switch pemilih tegangan input pada bagian belakangnya. Dengan fasilitas semacam ini, pengguna bisa menentukan jumlah tegangan yang masuk, apakah sebesar 115V atau 250 volt.

3. Daya yang Didukung

Anda harus menentukan, berapa kira-kira daya yang dibutuhkan buat menggerakkan seluruh sistem PC Anda. Dipasaran sendiri tersedia power supply untuk PC biasa dengan daya 250W, 280W, 300W,340W,dan 500W. Semua tergantung Anda, mau pilih yang biasa atau yang bertenaga super!

4. Jumlah kabel power yang terpasang

Jumlah kabel output yang terpasang menyangkut jumlah periferal yang bisa Anda pasang di sistem Anda. Power supply yang baik biasanya memiliki kabel input 12 dan 5 volt sebanyak 6 buah, sebuah input untuk floppy, dan beberapa kabel input lainnya .Untuk power supply terbaru, sebagian juga telah dilengkapi dengan kabel input 12V untuk mendukung penggunaan sistem berbasis Dual Processor .

5. Kualitas fan

Sebagai pendingin, komponen ini memang harus jadi pendukung yang baik untuk power supply. Untuk itu, pada power supply yang baik biasanya juga disediakan fan dengan putaran tinggi agar “keringat” bisa dibuang dengan baik.

6. Tingkat kebisingan

Yang juga tak kalah penting dalam memilih power supply adalah tingkat kebisingannya. Biasanya ini juga diakibatkan oleh fan pendukung yang mengeluarkan suara terlalu keras. Nah, kalau Anda tidak ingin terganggu dengan suara PC yang kelewat bising, Anda memang harus mencari power supply yang sunyi senyap.

Itulah cara singkat yang bisa Anda jadikan patokan ketika membeli power supply.Mudah-mudahan Anda tidak salah pilih! “Pilih yang benar supaya PC bertenaga”

One thought on “Power Supply Unit : Sumber Tenaga yang Harus Diperhatikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s