PENERAPAN SISTEM HANDPHONE

SISTEM HANDPHONE

DEFINISI SISTEM

Menurut Ludwig Von Bartalanfy , Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.

Menurut Anatol Raporot , Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.

Menurut L. Ackof , Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.

Dari definisi-definisi diatas saya bisa menarik suatu kesimpulan bahwa :

sistem adalah suatu elemen-elemen yang saling berinteraksi satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan.

adapun syarat-syarat sistem itu sendiri adalah :

  1. Sistem harus berfokus untuk menyelesaikan masalah.
  2. Elemen dari suatu sistem harus mempunyai rencana yang ditetapkan
  3. Terdapat hubungan diantara elemen sistem.
  4. Unsur dasar dari proses(arus informasi, energi dan material) lebih penting dari pada elemen sistem.
  5. Tujuan sistem harus lebih penting dari tujuan elemen.

Komponen Sistem (Components)

Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan.  Komponen-komponen sistem atau elemen-elemen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Setiap sistem tidak perduli betapapun kecilnya, selalu mengandung komponen-komponen atau subsistem-subsistem. Setiap subsistem mempunyai sifat-sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Jadi, dapat dibayangkan jika dalam suatu sistem ada subsistem yang tidak berjalan/berfungsi sebagaimana mestinya. Tentunya sistem tersebut tidak akan berjalan mulus atau mungkin juga sistem tersebut rusak sehingga dengan sendirinya tujuan sistem tersebut tidak tercapai.

Contohnya dalam tulisan ini saya mengambil suatu handphone sebagai suatu sistem, subsistem dari handphone tersebut adalah baterai, lcd, keypad, simcard, sinyal, program dan sebagainya.

PENERAPAN HANDPHONE SEBAGAI SUATU SISTEM

Masukan (Input) Sistem

Masukan sistem adalah energi yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input). Maintenance input adalah energi yang dimasukkan supaya sistem tersebut dapat beroperasi. Signal input adalah energi yang diproses untuk didapatkankeluaran .Didalam sistem handphone, program adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan handphonenya dan data yang dimasukkan melalui keypad adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.

Keluaran (Output) Sistem

Keluaran sistem adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. Keluaran dapat merupakan masukan untuk subsistem yang lain atau kepada supersistem.Untuk sistem handphone, panas yang dihasilkan dari baterai adalah keluaran yang tidak berguna dan merupakan hasil sisa pembuangan, sedang informasi berupa sms ataupun telepon adalah keluaran yang dibutuhkan.

Pengolah (Process) Sistem

Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran.Didalam sistem handphone penerapan proses sistem dilakukan oleh sim card yg membuat data yang dimasukkan menjadi sinyal yang berupa keluaran yang dibutuhkan.

Sasaran (Objectives) atau Tujuan (Goal)

Suatu sistem pasti mempunyai tujuan atau sasaran. Kalau suatu sistem tidak mempnyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya. Sasaran dari sistem sangat menentukan sekali masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem. Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuannya. Perbedaan suatu sasaran dan suatu tujuan adalah, tujuan biasanya dihubungkan dengan ruang lingkup yang lebih luas dan sasaran dalam ruang lingkup yang lebih sempit. Bila merupakan suatu sistem utama, seperti misalnya sistem bisnis perusahaan, maka istilah goal lebih tepat diterapkan. Untuk sistem akuntansi atau sistem-sistem lainnya yang merupakan bagian atau subsistem dari sistem bisnis, maka istilah objectives yang lebih tepat. Jadi tergantung dari ruang lingkup mana memandang sistem tersebut. Seringkali tujuan dan sasaran digunakan bergantian dan tidak dibedakan. Tujuan dari sistem handphone ini adalah untuk menciptakan komunikasi antara seseorang dengan orang lain.

Demikian penjelasan saya tentang sistem pada handphone, terima kasih telah membaca artikel saya ini.Saya berharap artikel saya ini bisa menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s