Mengapa kita harus banyak minum air putih

“mengapa kita harus banyak minum air putih ???” (bukan susu lho).

Pertanyaan yang kadang sepele tapi sebenernya gedhe banget.. aku abis baca mailbox di e-mail yang menjelaskan semuanya… ya.. kira-kira seperti ini..

Tubuh manusia terdiri dari air, ya kira kira 80% lah.. nah dari 80% itu, ada 2 organ yang mengandung air lebih dari 80%, yaitu darah dan otak.. otak 90% komponen air dan darah 95% komponen air.. Makanya.. banyak banyak tu minum air putih.. minimal ditegaskan lagi minimal 2 liter sehari ato 8 gelas… (gelas normal, bukan gelas yang gedhe.. ntar kembong lu… tapi gapapa dink) biar ga kekurangan cairan.. masalahnya air tu digunakan untuk mengganti cairan tubuh yang keluar melalui air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi.

“Trus kalo minum kurang dari 2 liter sehari gimana???”

yang jelas haus hehehehe…. begini… bagaimanapun, tubuh kan tetep butuh cairan, lha kalo ngga disediain dari luar, ya.. nyari dari dalem to.. alias mencari sumber air dari dalam tubuh.. organ yang paling banyak cairannya adalah….. darah dan otak…  *Sedot terus bang….* “kalo otaknya kering gimana??” *pake nanya lagi*

ngga ngga.. belom separah itu tapi tubuh lebih naksir sama yang namanya darah.. So.. tubuh akan “menyedot” cairan dari darah.. nah efek karambolnya.. Darah yang disedot airnya akan menjadi kental. Akibat pengentalan darah ini, maka perjalanannya akan kurang lancar dibanding yang encer.
Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah) Si ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah. Dan karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerolus ginjal.
Akibatnya, air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus….. siap siapin aja duit 400.000 rupiah seminggu untuk cuci darah..

“400.000 seminggu??” tempat laen bisa – bisa 700.000 rupiah seminggu.

Jangan sampe deh.. tapi masih ada efek lanjutannya…. nih…
Saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanannya agak terhambat. Otak tidak lagi “encer”, dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen. Lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya..(ya wajarlah namanya juga kurang makan…) Bila ini ditambah dengan penyakit jantung (yang juga kerjanya tambah berat bila darah mengental…), maka serangan stroke bisa lebih lekas datang.. so jangan tunda banyak – banyaklah minum air bening eh sorry

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s