Satwa Eksotis dari Sulawesi

Saat saya sedang melepas lelah sambil menonton acara tentang satwa di salah satu stasiun televisi swasta, saya langsung tertarik untuk membahas dua hewan yang berasal dari Sulawesi , yaitu Tarsius   atau biasa disebut juga dengan Tersior  atau Tersier dan Kera Hitam dari Sulawesi. Langsung saja saya membahas tentang ke dua satwa ini karena saya sudah tidak sabar untuk menjelaskan ke eksotisan satwa tersebut.

Tarsius

Hewan ini termasuk jenis primata yang bernama latin Tersier Pygmy, primata ini sangat lucu sekali, dan imut dilihat dari bentuknya, primata ini  memiliki tubuh berwarna coklat kemerahan dengan warna kulit kelabu, bermata besar dengan telinga menghadap ke depan dan memiliki bentuk yang lebar. Habitat primata ini adalah dihutan-hutan sulawesi, yaitu dari hutan Sulawesi Utara sampai Hutan Sulawesi Selatan. Yang paling unik dari primata kecil ini adalah matanya yang besar dan juga kepala primata imut ini bisa berputar hampir 180 derajat, seperti burung hantu. Dan juga primata ini mempunyai telinga menghadap ke depan dan memiliki bentuk yang lebar yang bisa gerakkan untuk mendeteksi  mangsa.

tarsi

Primata ini biasa berburu pada malam hari sedangkan disiang hari primata ini banyak menghabiskan waktu untuk tidur, primata ini biasa memangsa serangga seperti  jangkrik, belalang, dan terkadang reptil kecil. Tapi musuh utama primata ini adalah ular Phyton, jika terlihat ada ular Pyton yang mendekatinya , primata imut ini langsung melompat, lompatan primata ini cukup jauh juga. Primata ini menandakan daerah teritori mereka dengan urine nya. Sungguh primata yg imut sekaligus eksotis.

Kera Hitam Sulawesi

Kera ini mempunyai nama latin Macaca Nigra  dan merupakan jenis primata yang unik, primata seperti tersebar diwilayah Sulawesi Utara, dan juga terdapat di  Cagar Alam Gunung Tangkoko Batuangus .Primata ini berwarna hitam ,  tidak mempunyai ekor, moncong lebih menonjol, dan yang uniknya rambut kepala primata ini berjambul. 800px-Macaca_nigra

Primata ini hidup berkelompok , dan dikelompoknya tersebut primata ini mempunyai ketua yang bertugas melindungi dan berkelahi dengan kelompok lain. Primata ini merupakan hewan omnivora, memakan segalanya seperti buah, serangga, dan sebagainya. Musuh utama primata ini sama seperti tarsius yaitu ular Phyon.Primata  ini banyak menghabiskan waktu di pohon.

Sampai disini dulu yah, penjelasan tentang satwa eksotis Sulawesi dan semoga tulisan ini bermanfat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s