Menjelajahi Mata Air Cisodong dan Pondok Halimun

Selasa sore , tanggal 22 September 2009   saya berkumpul bersama teman – teman rumah saya disuatu tempat,yaitu dirumah teman saya yang bernama Hendra. Pada saat saya berkumpul dirumah hendra bersama-sama teman saya, tiba – tiba saya langsung mempunyai ide untuk menghilangkan penat , daripada nongkrong – nongkrong melulu, enakan juga jalan – jalan, nah langsung saya bertanya kepada teman saya yang bernama Fahmi . Ternyata Fahmi itu punya ide untuk jalan -jalan ke desa Cisodong, hehe..aneh yak nama desanya..!!! katanya si Fahmi sih desa tersebut letaknya masih didaerah Narogong , Cileungsi Bogor.  Saya lantas tertarik  akan desa Cisodong itu dari cerita si Fahmi, nah saya memutuskan untuk berangkat deh tuh ke Desa Cisodong , saya berangkat bersama teman- teman, oops..!!! gue lupa daritadi menyebutkan teman-teman saya tapi kagak disebut namanya,,, teman-teman saya namanya Lutfi a.k.a Cuplong,Dayat a.k.a Dhoyok, Hendra a.k.a Dodol, Fahmi a.k.a Cumi . Kan saya dah nyebutin tuh namanya teman-teman saya, yuk..kita terusin lagi cerita saya…haha..saya berangkat dari rumah sekitar jam 17.00 wib, di perjalanan saya melewati desa-desa yang indah banget …ternyata saya baru tahu klo deket daerah Depok tuh masi banyak desa-desa yang masih alami banget, desa yang banyak hamparan padi-padi yang saling menghijaukan ladang-ladang petani desa…sangat bahagia saya melihat  pemandangan…dan juga selain banyak sawah-sawah banyak juga lapangan bola yang masih luas-luas.

Saya jadi keingetin akan masa kecil saya klo ngeliat lapangan-lapangan bola yang banyak dan juga sawah-sawah yang luas, gue jadi kangen akan desa saya yang dulu, tapi sekarang sudah berubah menjadi perumahan-perumahan mewah.. Lalu sekitar jam 6 sore  tepatnya magrib lah , saya tiba didesa Narogong, klo dari desa Narogong menuju ke Cisodong sekitar 20 menitan deh, saya melewati jalan yg di kanan kirinya ada sawah-sawah yang padi nya masih menghijau, ada tapinya nih…jalannya gelap banget, belum masuk listrik kali yak..trus klo magrib tuh binatang-binatang kecil pada berterbangan sampe- sampe mata saya tuh kelilipan tuh binatang , duh pedes banget tuh binatang klo dah masuk mata…Lalu saya binggung deh pas 10 menit lagi mau sampai ke Cisodong ,kenapa banyak rumah-rumah yang dipinggir jalan yak, tapi jaraknya jauh-jauh trus ada ditengah sawah lagi, langsung donk gue tanya sama si Cumi itu kenapa ??? nah ternyata tuh itu rumah tempat prostitusi,wew….ternyata tempat prostitusi ada dimana-mana yak…gak didesa gak dikota….Akhirnya saya tiba juga deh di Desa Cisodong, pertama pasti saya langsung cari tempat nongkrong yang enak, ehhh..trus si Cumi nyeletuk katanya klo nongkrong di puncak bukit enak , langsung saya liat ke puncak bukit , ehh ,,bener ada kaya gubuk gitu..langsung deh gue menuju ke puncak bukit, melewati bebatuan bebatuan kapur yang tajam-tajam, eh pas sampai dipuncak bukit ternyata gubuknya dah jelek mao rubuh,,dari bawah sih emang bagus pas dari deket jelek bgt..hahhaa…nah trus saya sama temen-temen turun lagi dah ke warung dibawah…pas diwarung gue istirahat dulu sejenak buat memulihkan tenaga, sambil makan krupuk kulit. Abis istirahat gue langsung cek ke TKP …hahaha,,ke sumber mata air, nah saya jalan dah tuh ke mata air nya sama Cuplong, pas saya liat …wow.. cuma kolam doank trus letaknya dipinggir jalan lagi, gimana saya mao mandi, dipinggir jalan raya…malu banget saya diliatin orang-orang, emang sih air nya jernih banget, haha….gue langsung kecewa banget ngeliat nih tempat cuma gini-gini doank….haha..daripada diem di Cisodong, saya langsung aja ajak teman-teman buat melanjutkan perjalanan ke Pondok Halimun , daerah Salabintana Sukabumi.

Pas teman-teman pada setuju semua , langsung saya bergegas menuju Pondok Halimun, waktu sayadi daerah Ciawi , saya nyari-nyari warteg gak nemu-nemu, maklum waktu itu jam 10 malam, gak lama berselang ada tuh warteg yang buka, langsung aja dah saya menepi ke itu warteg, saya langsung makan dah tuh dengan lahapnya, untung mas wartegnya baik, masa saya makan lauknya banyak bayarnya cuma 5 ribu rupiah, hahhaa….bang warteg makasih yak saya dikasih harga murah..haha…,abis makan saya lanjutin perjalanan , waktu saya didaerah cicurug , motornya Cuplong bannya bocor, duh lama bgt deh sampainya di Pondok Halimun gue berkata dalam hati. Akhirnya ketemu tuh tukang tambal ban, langsung dah tuh nambal bannya si Coplong, abis nambal ban, saya terusin lagi tuh perjalanan , diperjalanan saya udah ngerasain kehujanan 5 kali, tapi cuma ke grimisan doank…bener banget gara-gara global warming , hujan jadi gak merata, masa setiap 5 Km hujan berhenti trus 5 km selanjutnya hujan lagi..wah kita harus bener-bener melestarikan lingkungan nihh….akhirnya saya sampai juga di pintu kebun teh salabintana, saat sampai didepan gerbang pondok halimun saya masuk gratis tanpa membayar , karena tidak ada penjaga nya..hehe.. gratisan euy…

Malam semakin larut dan cuaca dingin pun semakin menyengat kulit, dan lama kelamaan mata saya mulai terlelap. Seiring dengan pancaran mentari pagi mulai menyinari pondok halimun, saya pun terbangun, dan mulai mencari sungai untuk berenang, sungai di pondok halimun sangatlah bersih dan jernih, hingga tak sadar bahwa airnya itu dingin sekali, dan karena sudah terlanjur basah, ya..saya teruskan saja acara berenang saya disungai tersebut.  Matahari kian menampakan kehadirannya. dan saya pun pulang dari pondok halimun dengan membawa kebahagiaan dan kenangan yang tak terlupakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s